Home Ide Kreatif Artis Tertimpa Banjir Bisa Menjadi “Mannequin Ad” yang Menyita Perhatian?

Artis Tertimpa Banjir Bisa Menjadi “Mannequin Ad” yang Menyita Perhatian?

424
0

MARKOMINDONESIA – Peristiwa banjir besar yang menimpa Jabodetabek saat datangnya tahun baru 2020, mau tidak mau telah menyita perhatian besar bagi banyak khalangan masyarakat. Baik berita ekonomi, politik, hiburan dan lain-lainnya tiba-tiba semua terpinggirkan oleh berita bencana banjir yang fenomenal ini.

Bagaimana tidak fenomenal, banjir kali ini benar-benar mampu memanfaatkan momen yang tepat. Momen perayaan tahun baru yang menjadi perhatian masyarakat dari semua golongan. Di saat semua orang tengah ramai membicarakan pesta, hiburan, liburan, bahkan resolusi yang akan dilakukan di tahun baru yang biasanya menawarkan harapan, tiba-tiba banjir besar menerjang tanpa ampun dan peringatan.

Lebih parahnya lagi, baNjir kali ini tidak hanya menerjang lokasi dan kawasan yang sudah terbiasa banjir, tetapi juga daerah-daerah yang sebelumnya, belum pernah terkena banjir. Tempat-tempat elit dan eksklusif pun tak luput dari hajaran. Mobil sejuta umat sampai mobil mewah pun juga dihanyutkan tanpa pilih-pilih korban. Orang awam sampai selebritis yang tengah tenar maupun yang sudah melegenda juga tak luput dari sapaan banjir.

Akibatnya berita yang muncul di media elektronik, media cetak, media online maupun social media sangat beragam dan tidak membosankan. Berita yang menunjukkan penderitaan warga yang kebanjiran tampil berimbang dengan berita artis-artis dan orang kaya yang juga kebanjiran.

Setidaknya ada 5 (lima) artis terkenal yang kali ini rumahnya turut menjadi korban kebanjiran. Mulai dari Rian D’masiv, Audy Item dan Iko Uwais, Nycta Gina, Sinyorita Esperanza dan Yuni Shara. Tinggal di kawasan yang berbeda-beda, namun kelima selebritis terkenal ini menjadi korban banjir di waktu yang sama.

Namun, entah karena senioritas atau memang pamornya yang lebih unggul, ternyata kondisi banjir yang menimpa Yuni Shara-lah yang lebih banyak menyita perhatian publik. Bahkan penampilan Yuni Shara yang tampil casual, modis, fashionable dan seksi mampu menyedot perhatian serta pujian dari warganet.

Kisahnya berawal saat banjir melanda rumahnya di Komplek Margasatwa Baru, Jakarta Selatan, Yuni Shara kala itu mengenakan kaus lengan pendek berwarna biru dengan garis berwarna putih yang casual, yang dipadukan hot pants jeans seksi dan sebuah boots yang cantik.

Tak lupa Yuni pun mengabadikan momen unik dan bersejarah itu serta mempublikasikannya melalui aku instagramnya. Semuanya biasa-biasa saja. Taka da keluhan, kritikan, omelan atau apa pun yang kontroversial dalam postingan IG tersebut.  Yuni hanya menuliskan, “Alhamdulillah… Thank you 2019. Welcome 2020.”

Entah karena karisma yang dimiliki Yuni atau karena penampilannya yang sangat kontras dengan kondisi banjir yang notabene nampak mengenaskan dimana-mana, maka penampilan Yuni yang fashionable segera menyedot perhatian dan mengundang komentar serta pujian dari masyarakat. Yuni dipuji tetap cantik dan tampil memukau walau kena musibah. Bahkan warganet mengorek secara detail kostum yang dipakai Yuni. Sampai akhirnya perhatian mereka terfokus pada sepatu boots yang  dikenakannya. Mereka melacak merek (brand) bahkan harganya.

Sepatu Burberry jenis rain boots yang sekilas mirip dengan yang dikenakan Yuni Shara dibanderol sekitaran harga 250 dolar AS atau sama dengan Rp3,5 jutaan/IST

Akhirnya terbongkarlah bahwa sepatu boots yang dikenakan Yuni tersebut merupakan sepatu boots keluaran brand ternama asal Inggris, Burberry yang di pasaran dibanderol seharga 250 dolar atau setara dengan Rp 3,5 jutaan.

Tentu saja berkat pose Yuni Shara di tengah rumahnya yang kebanjiran tersebut Burberry seperti mendapatkan iklan yang memiliki stopping power tinggi. Baik di media sosial (medsos) maupun di media-media konvensional lainnya.

Belajar dari peristiwa di atas, maka sebenarnya brand-brand yang lainnya bisa memanfaatkan momen-momen seperti ini sebagai media iklan tersamar. Mungkin boleh disebut sebagai mannequin advertising (mannequin ad) yang memberdayakan sumber berita/ public figure sebagai media untuk memajang brand tersebut.

Asal sang public figure bisa tampil menarik, natural, membumi, tidak mengada-ada atau terkesan sombong, maka niscaya brand tersebut akan mendapatkan impact yang positif dan menguntungkan. Bagaimana menurut Anda? |WAW-MARKOM

Setelah mengunggah foto sedang berada didalam rumahnya yang kebanjiran, Yuni Shara terlihat sedang dievakuasi dengan perahu karet bersama Rachma Widadiningsih, ibunya, Rabu (1/1/2020).
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Setelah Pose Cantik Dalam Rumah, Beredar Foto Yuni Shara Dievakuasi Perahu Karet Bersama Ibunya/IST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here