Home EKONOMI KREATIF Berkolaborasi dengan Kemenkop UKM, Moka Dorong Transformasi Digital di 4 Kota Indonesia

Berkolaborasi dengan Kemenkop UKM, Moka Dorong Transformasi Digital di 4 Kota Indonesia

63
0
Uji coba PENGGUNAAN Aplikasi digital Moka untuk review Peserta “Brick Untuk Klik Bisnis Ekspansi” hearts kolaborasi Moka Dan Kemenkop UKM untuk review transformasi digital UKM Indonesia/IST
MARKOMINDONESIA– Moka, startup penyedia layanan kasir digital di Indonesia bersama dengan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia menjalin hubungan kemitraan strategis melalui koordinasi digitalisasi manajemen usaha yang bertemakan “Brick To Click Business Expansion”.

Dalam kemitraan ini, Moka bersama dengan Kemenkop UKM mengupayakan agar UMKM naik kelas melalui transformasi digital dan pengembangan usaha. Mengawali rangkaian kolaborasi yang diadakan Moka dengan Kemenkop UKM dalam rangka digitalisasi UKM di Indonesia, roadshow edukasi akan dilakukan di empat kota, yaitu di Bandung, Mataram, Surabaya dan Solo selama satu bulan hingga April 2020. Bandung,

Ibu Herustiati, Plt. Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia menjelaskan KUMKM sudah memulai memulai pola manajemen bisnisnya dari konvensional menjadi digital dengan menggunakan data dan teknologi. Karena dengan digitalisasi, KUMKM akan lebih mudah untuk mendukung bisnisnya secara  real time  sehingga dapat lebih fokus untuk hal-hal yang lebih penting seperti pengembangan usaha dan pelayanan prima bagi pelanggan, ”ujar Ibu Herustiati.

Sementara itu, Rahmadi, Plt. Asisten Deputi Bidang Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia mengatakan bahwa ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka Strategi Nasional Pengembangan KUMKM yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM, serta para pejabat terkait yang berkenaan dengan hubungan kerja, hubungan usaha, hubungan, manajerial, konsultasi sampai Untuk pendampingan bagi ekosistem proses bisnis UMKM, sehingga dari usaha yang dijalankan UMKM sebagai Perusahaan Dinamik  Kecil  meningkat menjadi  Perusahaan Pindah Cepat  dengan diterapkannya analogi  Dari Brick To Click  atau Usaha  Offline ke Online, konvesional menjadi digitallisasi bisnis dan ekspansi usaha lokal menjadi internasional, diharapkan menjadi solusi baru kedepannya, ”ujar Rahmadi.

Dalam rangkaian acara edukasi ini, Moka dan Kemenkop UKM menyasar 200 peserta di empat kota yang mewakili usaha berskala UMKM, dengan memberikan pengarahan tentang digitalisasi bisnis. Tiga hal utama yang ingin dicapai adalah tersampaikannya edukasi tentang Manfaat digitalisasi manajemen usaha untuk UMKM, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kemudian memberikan peluang kepada UMKM untuk menguji coba aplikasi gratis kasir digital dari Moka. Tidak hanya edukasi tatap muka saja, Moka bersama Kemenkop UKM turut mengelola forum online  yang menyediakan peluang  bagi para peserta untuk mendapatkan materi setelah acara berlangsung, sehingga peserta dapat melanjutkan mendapatkan informasi mengenai edukasi yang berkelanjutan.

Rechelle Rumawas, Manajer Kemitraan Pemerintah, Moka mengapresiasi kolaborasi dengan lembaga yang memiliki visi untuk menyediakan edukasi, melek digital terbaik untuk para pelaku usaha di Indonesia. “Tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis, Moka ikut mendukung perhatian pada penyelenggaraan edukasi pengembangan keahlian UMKM. Kami berharap kemitraan bersama dengan Kemenkop UKM dapat menerima lebih banyak lagi UMKM yang menerima manfaatnya. Dengan menggunakan kasir digital, diharapkan para pengusaha dapat menjalankan operasional bisnis dengan lebih tertata, termasuk pada pencatatan transaksi penjualan, pengawasan usaha secara  real-time , serta perencanaan bahan baku agar lebih teratur, ”paparnya.
Kemitraan ini menandakan bahwa Moka terus terbuka untuk menggandeng bukan hanya usaha, tetapi juga badan usaha milik pemerintah dan swasta, lembaga, dan lainnya. Harapannya, Moka dapat mendukung banyak pihak dalam mendigitalisasi sistem kasir sehingga tercipta kondisi bisnis yang efektif dan efisien.
***
Tentang Moka:
Di Moka, menjalankan usaha bisa dilakukan dengan mudah. Dengan melihat kebutuhan UKM dan juga bisnis lainnya, Moka menyediakan solusi  end-to-end  yang dapat digunakan untuk menunjang bisnis baik dari meningkatkan penjualan, hingga dengan meningkatkan skala bisnis. Dipercaya oleh lebih dari 40.000 bisnis lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia. Moka menyediakan aplikasi  Point of Sale (POS) dengan berbagai fitur yang memfasilitasi bisnis, serta berbagai macam produk yang mendukung bisnis seperti Moka Pembayaran Mobile, Moka Capital, Moka Fresh dan Moka Connect.

Berdiri di tahun 2014, Moka didirikan oleh Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono. Haryanto Tanjo menyerahkan pendidikan magister bisnis (MBA) di UCLA Anderson saat Grady Laksmono meniti karir sebagai  insinyur perangkat lunak  di Zynga. Berbagi visi yang sama untuk memberikan solusi teknologi kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM), mereka kembali ke Indonesia untuk memulai Moka. Moka juga memberikan peluang bagi bisnis dari semua mulai, mulai dari UKM hingga  perusahaan  besar, untuk memungkinkan bisnisnya dari mana saja, dan kapanpun. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman  www.mokapos.com | WAW-MARKOM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here