Home BTL Expo 2020 Dubai, Cetak Biru Kota Masa Depan yang Didigitalisasi Teknologi Siemens

Expo 2020 Dubai, Cetak Biru Kota Masa Depan yang Didigitalisasi Teknologi Siemens

14
0
Aerial general view of the Sustainability Pavilion | IST
DUBAI, DECEMBER 02 2020: Aerial general view of the Sustainability Pavilion at Expo 2020 site (Photo by Dany Eid/Expo 2020)

MARKOMINDONESIA – Expo 2020 Dubai resmi dibuka bagi pengunjung dari segala penjuru dunia dan Siemens menyediakan teknologi untuk memastikan bangunan yang berada di lokasi dan infrastruktur lainnya kelak dapat menjadi sebuah warisan yang abadi.

Expo dunia pertama di Timur Tengah, Asia, atau Afrika ini memberi pengunjung kesempatan untuk merasakan bagaimana kota pintar yang terhubung secara digital dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan yang paling mendesak. Sebagai mitra utama untuk digitalisasi infrastruktur di Expo 2020 Dubai, Siemens berhasil menghubungkan secara digital lebih dari 130 bangunan di lokasi yang luasnya sebesar dua kali negara Monako. Sekitar 80 persen dari infrastruktur Expo akan tetap dipertahankan, bahkan setelah acara yang akan berlangsung selama enam bulan ini berakhir pada Maret 2022, dan menjadi sebuah pusat dari distrik baru serta berkelanjutan di Dubai, yang dikenal sebagai Distrik 2020. Situs Expo itu sendiri dirancang sebagai cetak biru untuk kota pintar di masa depan.

“Kami menjadikan situs Expo sebagai contoh kota pintar yang berkelanjutan dan berpusat pada manusia bahkan setelah acara selesai,” kata Mohammed Alhashmi, Chief Technology Officer, Expo 2020 Dubai. “Kami bangga dapat bekerja sama dengan Siemens untuk menciptakan pusat dari Distrik 2020, yang akan menjadi sebuah komunitas terpadu dan multifungsi yang menjalankan dan memenuhi visi pendirian Expo yaitu menjadi sebuah ekosistem untuk saling terhubung, berkreasi, dan berinovasi.”

Di situs Expo, Siemens mendemonstrasikan bagaimana bangunan, mesin, dan fasilitas kota dapat dihubungkan menggunakan MindSphere, IoT (Internet of Things) industri milik perusahaan sebagai sebuah solusi layanan. MindSphere adalah sistem saraf pusat Expo; sistem operasi IoT untuk infrastruktur Expo. MindSphere beroperasi di latar belakang, hampir tidak terlihat, tetapi semua orang yang mengunjungi Expo dapat merasakan manfaatnya.

Teknologi Siemens memungkinkan pengelola Expo untuk mengoptimalkan operasi, mengurangi emisi karbon, menghemat air dan energi, serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung. Teknologi ini memberi mereka akses ke data dan analitik secara real time sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik, misalnya, tentang cara meningkatkan efisiensi energi di gedung atau bagaimana meningkatkan penggunaan air dalam sistem irigasi. Hal ini sangat penting di Timur Tengah, di mana bangunan dapat mengkonsumsi hingga 80 persen pasokan energi.

Siemens bahkan merancang aplikasi kota pintar berbasis web untuk pengelola situs dan tim manajemen. Teknologi ini membuat digital twin dari situs Expo, memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan data dari sistem Siemens dan non-Siemens di seluruh area situs.

“Kami melihat Expo 2020 Dubai sebagai tonggak sejarah bagi Siemens dan bahkan dunia,” ungkap Matthias Rebellius, anggota dewan pengelola Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure. “Di Expo yang paling terhubung secara digital ini, kami menunjukkan apa yang dapat dilakukan Siemens untuk membuat kota jadi lebih efisien, berkelanjutan, tempat yang aman dan nyaman untuk tinggal dan bekerja, serta tidak menjadi beban bagi lingkungan ditengah-tengah kondisi perubahan iklim yang sangat mempengaruhi kita semua. Kami berkomitmen penuh mendukung penyelenggaraan acara ini dan juga kami akan memindahkan kantor pusat Dubai ke Distrik 2020.”

Teknologi khusus yang digunakan di Expo termasuk Siemens Navigator, sebuah platform berbasis cloud untuk mengoptimalkan kinerja gedung; Desigo CC, mendukung infrastruktur bangunan pintar yang berada di situs; dan Siveillance Control Pro untuk mengelola keamanan di gerbang Expo serta seluruh area.

Para tamu Siemens yang berada di lokasi Expo dapat merasakan teknologi ini secara langsung dengan mengunjungi pusat layanan pelanggan milik perusahaan, mereka dapat menikmati tampilan digitalisasi audio dan visual yang interaktif pada infrastruktur cerdas, masa depan manufaktur, dan transportasi yang berkelanjutan.

Siemens juga akan menyelenggarakan MindSphere Future World Series di pusat layanan pelanggan, Expo 2020 Dubai. Rangkaian acara ini akan mengundang individu-individu yang memiliki ketertarikan terhadap teknologi yang dapat membuat dunia kita lebih cerdas, lebih layak huni, dan berkelanjutan. Acara ini akan menampilkan kompetisi hackathon yang membahas berbagai permasalahan keberlanjutan yang mendesak, salah satu dari lima dimensi – bangunan, energi, mobilitas, industri, dan air.

Perusahaan telah berpartisipasi dalam Pameran Dunia sejak pertama kali berlangsung di London, pada tahun 1851, di mana pendiri perusahaan Werner Von Siemens meluncurkan telegraf penunjuk untuk pertama kalinya. Expo 2020 Dubai, yang dibuka untuk umum pada 1 Oktober, berlangsung di kota gurun Dubai, Uni Emirat Arab dan berfokus pada tema keberlanjutan, mobilitas, dan peluang. |WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here