Home Kesehatan Gara-gara Corona, Ayah Khong Guan pun Harus Bekerja dari Rumah (WFH)

Gara-gara Corona, Ayah Khong Guan pun Harus Bekerja dari Rumah (WFH)

275
0
Koran Media Indonesia (MI) edisi Senin (16/3/2020)/IST

MARKOMINDONESIA – Di tengah semakin meredupnya popularitas media cetak yang tergusur oleh berkembangnya teknologi dan keunggulan media online bagi kaum milenial, harian Media Indonesia (MI) mampu mencuri ketenaran melalui fitur yang dimiliki sosial media itu sendiri. Tetiba di tengah kekagetan warga 62+ terhadap melejitnya warga negara Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19, ilustrasi cover headline edisi cetak koran Media Indonesia berhasil tampil unik sehingga memancing perhatian dan perbicangan viral di media sosial.

Seiring dengan himbauan untuk bekerja di rumah (work from home) yang diserukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, MI Senin (16/3) mengangkat berita utama dengan judul “Produktif dari Rumah”.

Melalui artikel di atas, redaksi Media Indonesia mengajak masyarakat untuk membatasi aktivitas luar ruangan dan saling menjaga jarak (social distancing) sehingga rantai penularan covid-19 dapat diredam. Aktivitas kerja tetap dilakukan secara produktif, kata redaksi, tetapi hal itu didorong agar dilakukan secara daring dari rumah.

Untuk memperkuat artikel tersebut, maka ilustrator media ini menyajikan ilustrasi yang mengadopsi potret legendaris “keluarga Khong Guan” sebagai pesan himbauan untuk bekerja di rumah saja. Caranya sang illustrator menampilkan sosok keluarga ini secara lengkap dengan sang ayah yang ada di tengah keluarga karena bekerja dari rumah.

Dus, ilustrasi menarik yang ditampilkan MI ini pun segera viral dan mendapat pujian banyak netizen sebagai ilustrasi yang kreatif, pas, mengena dan mudah dimengerti. Mudah dimengerti pasalnya potret legendaris “keluarga Khong Guan” tersebut memang sudah sangat popular dan kerap dijadikan gimmick, joke, humor, dan  keperluan lainnya karena ketidakhadiran sang bapak dalam foto tersebut.

Dengan mendaur ulang visual potret “keluarga Khong Guan” tersebut, ilustrasi ini bahkan tak hanya mampu menggambarkan sang ayah yang akhirnya harus mau bekerja di rumah sedara online (daring) namun secara lengkap juga menggambarkan anak-anak yang juga belajar di rumah.

Yang menarik, ternyata ide untuk mengadopsi “keluarga Khong Guan” sevagai ilustrasi untuk menyampaikan pesan pencegahan penyebaran cepat virus Corona tidak hanya dimiliki oleh MI semata.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pun juga mengadopsi ilustrasi “keluarga Khong Guan” ini dalam kampanye menghadapi virus Corona dalam akun twitter mereka @LKPP_RI.

Postingan twitter lawan Corona dari LKPP yang mengadopsi keluarga Khong Guan/IST
Postingan twitter lawan Corona dari LKPP yang mengadopsi keluarga Khong Guan/IST

Hanya saja berbeda dengan konsep ilustrasi MI yang menghadirkan sang ayah Khong Guan di meja makan bersama keluarganya, konsep LKPP tetap memperlihatkan ilustrasi “keluarga Khong Guan” tanpa keluarga di meja makan sebagai teaser (pancingan), dan memberikan ilustrasi kedua dimana ternyata sang ayah Khong Guan tengah mencuci tangan sebagai jawabannya.

JIka dirunut beberapa waktu ke belakang, konsep kampanye lawan Corona LKPP ini hampir mirip dengan konsep iklan pencapaian pemerintahan Jokowi dalam kampanye Pilpres 2019 lalu, dimana melalui adaptasi ilustrasi “keluarga Khong Guan” tersebut dalam bentuk video, pertanyaan atas ketiadaan sang ayah yang di meja makan tersebut dijawab bahwa sang ayah tengah giat bekerja untuk membangun bangsa. Bahkan iklan kampanye pencapaian Presiden Jokowi versi Khong Guan tersebut berhasil menyabet penghargaan Bronze di kategori political campaign pada Citra Pariwara 2018. |WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here