Home Event Activities Gunakan K-POP Sebagai Taktik Tingkatkan Popularitas McDonald’s

Gunakan K-POP Sebagai Taktik Tingkatkan Popularitas McDonald’s

48
0

OLEH Fadya, Mahasiswi Digital Public Relations,Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University.

BTS adalah boyband asal Korea Selatang yang sedang di gandrungi oleh banyak orang,terhitung dari laki-laki,perempuan,anak-anak,remaja bahkan sampai orang dewasa.

Boyband ini terdiri dari 7 orang lelaki asli Korea Selatan yaitu Kim Namjoon, Kim Seokjin, Min yoongi, Jung Hoseok, Park Jimin, Kim Taehyung, Jeon Jungkook. Mereka telah merilis 9 studio album dan 230 lagu, sepanjang perjalanan karir mereka di dunia music,mereka sudah mencapai berbagai nominasi dan penghargaan dunia dan local.

BTS juga bekerja sama dengan UNICEF untuk melakukan global campaign yang Love Yourself Campaign. Maka tidak heran mengapa banyak sekali yang menyukai mereka. Begitu pula dengan resto fast food “McDonald’s” yang bekerja sama dengan BTS.

McDonald’s mengumumkan bahwa mereka bekerja sama BTS X MCD dan merilis paket makanan tersebut di seluruh cabang McDonald’s di dunia (19/04/21). McDonald’s dan BTS juga merilis sebuah video advertisement di akun youtube McDonald’s pada 26 Mei lalu.

BTS Meals dapat dibeli di US mulai 26 Mei dan 27 Mei di Korea Selatan. Di Indonesia sendiri BTS Meal baru dirilis pada 9 Juni 2021 lalu. Isi dari paket makanan BTS Meals tersebut terdiri dari 9 potong chicken nuggets atau nugget ayam,kentang goreng dan satu cup coca-cola medium dan dua saus special.

Harga meals tersebut di jual dengan harga Rp.50.000 di Indonesia. Yang membuat paket ini berbeda dari paket yang lain adalah tambahan dua saus special yaitu sweet chili dan cajun sauce. Lalu packaging dari meals tersebut juga berbeda dari paket makanan McDonald’s yang biasa. Di BTS Meals ini, McDonald’s menggunakan warna yang merepresentasikan BTS yaitu ungu. Ungu memiliki arti tersendiri bafi BTS dan Army (fans BTS), warna ungu atau yang biasa disebut dengan “ I purple you” yang mempunyai arti “saling mempercayai dan mencintai satu sama lain dalam waktu yang lama”.

Maka dari itu, McDonald’s menggunakan paper bag,paper box dan paper cup dengan aksen warna ungu. Paket makanan ini direspon cukup baik bagi para penggemar. Banyak dari mereka yang mengantri sebelum jam 11 pagi, karena BTS Meals ini tidak bisa dibeli dibawah jam 11 pagi.

Seperti yang kita ketahui dunia tak terkecuali Indonesia masih diterpa oleh pandemi kasus corona sejak 2019 lalu. Pemerintah sudah melakukan segala cara dan menetukan protocol Kesehatan untuk new normal termasuk McDonald’s. McDonald’s mengeluarkan sebuah tweet yang mengatakan bahwa BTS Meals hanya bisa di beli melalui McDelivery, drive thru, GoFood, GrabFood dan ShopeeFood”. Langkah ini ditujukan untuk menghindari kerumunan pembeli di McDonald’s. Namun hal ini tetap tidak bisa menghindari kerumunan karena adanya overload buyer.

Akibatnya seluruh cabang McDonald’s dipenuhi oleh ojol atau ojek online yang menerima pesanan makanan BTS Meals dari para penggemar dan orang-orang yang penasaran degan makanan itu. Kejadian tersebut menimbulkan kemacetan karena antrian yang sangat panjang. Meskipun telah mengikuti protocol Kesehatan dan protocol pemerintah hal ini tidak menutup kemungkinan penyebaran virus di sekitar mereka.

Respon masyarakat yang kagum dengan kejadian ini mengeluarkan pendapatnya di social media karena McDonald’s harus menutup beberapa gerainya karena overload buyer dan kagum kepada ARMY yang membuka donasi atau menyumbangkan makanannya kepada orang yang membutuhkan. Donasi yang dimaksud adalah donasi para ARMY melalui platform Kitabisa.com.

Donasi tersebut dilakukan oleh para ARMY untuk para ojek online sebagai bentuk terima kasih kepada mereka yang sudah menjadi pahlawan karena mereka rela mengantri berjam-jam demi orderan para ARMY. Hasil donasi yang terkumpul sekarang sudah mencapai Rp165.750.382 yang didonasikan oleh kurang lebih 7000 donatur.

Bentuk donasi lain yang dilakukan oleh para ARMY kepada ojol adalah memberikan uang tip lebih dan memberikan makanan dari McDonald’s kepada mereka. Namun ada juga ARMY yang melakukan donasi dan membagikan BTS Meals kepada orang-orang yang berada di sekitaran toko atau outlet McDonald’s sebagai kegiatan berbagi. Para ojol pun berterima kasih karena dengan adanya BTS Meals ini, mereka menjadi kebanjiran order yang berarti mereka juga mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari biasanya.

Namun demikian tidak sedikit pula masyarakat yang tidak mendukung atas hal ini. Mereka sangat menyayangkan karena terjadinya kerumunan dan penutupan beberapa cabang di daerah nya. Mcdonald’s mempunyai dan melakukan trik dan strategy yang ampuh untuk menaikan ekonomi mereka dengan menggunakan trik bekerja sama dengan BTS.

Setiap kolaborasi yang dilakukan oleh BTS pasti menghasilkan respon yang baik bagi peruhasaan dan juga bagi BTS. McDonald’s mendapatkan respon dan tingkat penjualan yang baik karena mengeluarkan paket makanan ini,simple tetapi cukup untuk membahagiakan para ARMY.

Tetapi tidak sedikit juga ARMY yang kecewa karena stock yang cepat habis dan sulit untuk ditemui karena beberapa cabang outlet nya ditutup. Maka seharusnya McDonald’s menaikan kecepatan mereka dalam memproduksi paket makanan ini sehingga seluruh ARMY dapat merasakan BTS Meals.

Penjual yang lain bisa mencontoh trik McDonald’s ini untuk menaikan perekonomian mereka. Tetapi mereka juga harus siap dengan konsenkuensi nya. Untuk saat ini McDonald’s X BTS berada di peringkat pertama dalam fame dan viral di berbagai social media,bahkan mereka muncul di setiap influencer review. Maka perusahaan lain harus memikirkan rencana yang lebih baik untuk mengambil perhatian publik kembali. (red)***

 

Fadya, Mahasiswi Digital Public Relations,
Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University.Daftar Pustaka

BBC News. (2021, June 10). Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/majalah-57423148
Bintang, W. (2021, April 19). Kompasiana.com. Retrieved from https://www.kompasiana.com/willibrordusb/607d951ad541df2d8d11c5f2/the-bts-meal-kolaborasi-terbaru-mcdonald-s-dan-bts?page=all
dheanova21. (2020, June 6). Samsung Community. Retrieved from https://r1.community.samsung.com/t5/competition/arti-warna-ungu-untuk-bts-dan-army-showyourpurple/td-p/5602400
wikipedia. (n.d.). Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/BTS#Karya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here