Home ATL Iklan yang Berbahaya, Iklan Kondom di Brasil Ini Meledek Pemimpin yang Dirasa...

Iklan yang Berbahaya, Iklan Kondom di Brasil Ini Meledek Pemimpin yang Dirasa Eratik?

342
0
Sebuah konsep dummy, Brazilian condom advertising. "they shouldn't have been born"/IST

OLEH: Tan Syah Lumintu, Pengamat Sospol dan Humaniora

Galibnya semua orang sudah sangat memahami bahwa “pena bisa lebih tajam dari peluru” memang benar adanya. Tulisan yang tajam, bagus, memukau dan keunggulan-keunggulan yang ada pada tulisan lainnya memang bisa mempengaruhi orang sehingga menimbulkan dampak yang lebih dahsyat dari sekedar tembakan peluru.

Namun sebenarnya yang bisa lebih tajam dari apa pun itu bukanlah tulisan itu sendiri. Pasalnya tulisan hanyalah media semata. Sedangkan yang memiliki ketajaman itu sendiri adalah pikiran atau ide yang dihasilkan kecerdasan otak manusia.

Melalui pemikiran yang brilian dan ide yang cemerlang, maka apa pun media yang dipakai, tentunya akan mampu menghasilkan ketajaman yang bisa membelah atau menembus apa pun yang menghadangnya.

Karena itulah maka iklan sebagai salah satu jenis media, juga bisa menghasilkan ketajaman yang luar biasa dan mendatangkan bahaya yang sulit diduga. Melalui de-ide para kreatornya, iklan bisa menjelma sebagai senjata yang bisa menyerang siapa saja, termasuk penciptanya sendiri.

Sumber Foto: IST

Salah satunya adalah sebuah produk kondom dari negara Brazil ini. Berbekal ide dasar bahwa fungsi kondom adalah untuk mencegah kehamilan, sang creator dari produk kondom dari negara Brazil ini mampu menciptakan iklan yang kuat, menarik, memiliki stopping power yang sangat besar, namun juga mampu memunculkan bahaya yang sulit diduga.

Iklan ini boleh dibilang sangat berani sekaligus beresiko. Dengan memanfaatkan popularitas, kontroversial dan permasalahan yang melingkupi pemimpin-pemimpin negara, iklan ini berusaha mengirimkan pesan kepada audience betapa pentingnya produk kondom tersebut.

Sumber Foto: IST

Sayangnya sentiman yang eksplorasi iklan ini adalah sentiment negative yang berbahaya. Tokoh-tokoh pemimpin negara yang diangkat di iklan ini merupakan dianggap sebagai musuh masyarakat sehingga lebih baik jika mereka tidak dilahirkan. Jika orang tua para tokoh tersebut memakai kondom tersebut maka tokoh-tokoh pemimpin dunia yang dianggap dibenci ini tidak akan pernah terlahir.

Bisa jadi iklan ini akan sangat kuat bagi mereka yang memang benci kepada mereka. Namun bagaimana jika iklan tersebut dilihat oleh mereka yang mengidolakannya? Bahkan bila negara-negara yang bersangkutan tidak terima, bisa-bisa produk ini malah dilarang beredar di negara-negara tersebut, atau lebih sialnya lagi bisa timbul perang karenanya. Apakah tidak lucu jika tiba-tiba meletus sebuah perang besar hanya karena iklan sebuah kondom? Namun lucu atau pun tidak lucu hal itu memang benar-benar bisa terjadi karena iklan yang seperti ini.

Untungnya konon konsep serial iklan “”they shouldn’t have been born” ini tidak benar-benar diproduksi. Melainkan hanya sebuah konsep dummy untuk menunjukkan kemampuan sebuah biro iklan di sana. Syukurlah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here