Home CSR Kopi & Kakao

Kopi & Kakao

9
0

Kopi dan Kakao tumbuh di halamanku. Penuh rasa senang dan bahagia. Meski belum bisa dipanen, namun harapan akan menikmati hasil tanam itu ada. Bisa jadi cuma dalam hitungan kurang dari 1 bulan kopi akan kupetik cerinya. Kemudian akan ada proses untuk disesuai dengan pola umumnya untuk sebuah kopi, sampai akhirnya diseduh dalam secangkir kopi. Kopi yang ada di pot tumbuh baik dengan biji ceri yang mulai memerah. Kopi jenis ini dibawa dari Garut arabica. Rupanya suhu alam di kawasan rumahku cukup baik, ini Jakarta Selatan dan memang banyak tumbuh apapun di pekaranganku.

Selain kopi ada juga Kakao yang sudah tumbuh bahkan mulai berbuah baik. Meski masih hijau Kakao yang aku bawa buahnya asli dari Jembrana pulau Bali ini memang menarik dan sehat. Saya menanam ada 10 yang tumbuh 6. Yang satu ini yang paling cepat tumbuhnya. Awalnya biji ini saya simpan di pot-pot kecil setelah aga besar saya pindah ke tanah di pekarangan. Dan hasilnya ini yang di foto hari ini. Mulai terlihat besar. Jika siap dipanen atau dipetik saya akan coba olah sehingga sampai proses dark chocolate.

Kakoa jenis ini di Jembaran dikelola satu koperasi yang sangat maju dan kini sudah bisa produksi sendiri dan sebagian ekspor Kakoa Jembrana ini ke Perancis. Jika anda mengenal Coklat jenis Valrhona maka ada kontribusi kakao asal Bali. Valrhona adalah perusahaan Coklat dunia kelas premium. Coklat ini hanya bisa ditemui di Hotel bintang 5 dan coklat ini masuk dalam daftar coklat termahal di dunia.

Kembali ke  ke kopi dan kakao saya yang ada dipekarangan rumah saya. Saat ini memang tren kopi makin meninggi. Pasar Kopi dunia menjadi ramai paska kopi menjadi habit saat ini. Ngopi adalah bagian dari pola hidup kekinian. Dan Ngopi bagian dari sebuah silaturahmi yang tren. Perjalanan kopi di dunia yang awalnya di temukan di Ethiophia  tahun 1600 lalu dibawa  ke Jazirah Arab (Yaman) dan kemudian pada masa kolonial dibawa ke tanah air Indonesia, lantas perjalanan menyebar ke eropa dan seluruh dunia. Indonesia dalam sejarah kopi punya peristiwa penting dan akan diabsen sebagai negara ketiga perjalanan Kopi dunia.

Jadi soal ngopi itu adalah memang merupakan  satu peristiwa penting, saya merasa menanam kopi karena sebagai dari itu. Dan kini pelan-pelan sedang merambah bisnis kopi. Alhamdulillah kopi sedunia saya pernah nikmati, mulai dari Jamaica Blue Monutain, Geshia Panama, Santos Brazil, Moulo Oriental Perancis, dll. Dalam jenis yang ada didunia Arabica, Robusta dan Liberica pun saya ada. Jika ada yang minat silakan saja kontak saya secara langsung. Eh jadi promosi nih…tapi  memang kita punya semua kopi kok. Brands saat ini yang saya usung dalam usaha kopi adalah #234Coffee. Untuk Kakao masih dlam penjajagan karena bisnis coklat juga menarik. Yuk ah..ngopi dulu…

Aendra Medita, wartawan & pencinta kopi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here