Home EKONOMI KREATIF Masa Depan Kripto di Mata Kaum Hawa

Masa Depan Kripto di Mata Kaum Hawa

15
0
Kripto di Mata Kaum Hawa |Pexels-Moose Photos
Kripto di Mata Kaum Hawa |Pexels-Moose Photos

MARKOMINDONESIA – Meski biasanya didominasi oleh para pria yang melakukan investasi ataupun menjadi trader, nyatanya sekarang, aset kripto sangatlah terbuka dan memberikan kesempatan yang sama bagi para wanita untuk mengeksplor industri ini baik dalam bentuk investasi ataupun menjadi lapangan pekerjaan.

Berangkat dari hal itu, Tokocrypto mengadakan webinar ‘Women & Financial Wellness’, Selasa (30/11/2021) melalui channel youtube Tokocrypto. Adapun, beberapa topik yang diangkat antara lain, Wanita Juga Bisa Mandiri Finansial, Financial Planning bagi Perempuan, Pentingnya, Investasi bagi Wanita, dan Instrumen Investasi Kripto.

Sarah Alana Gibson, Influencer & Entrepreneur, beranggapan, karena saat ini adalah eranya kesetaraan gender, maka wanita pun berhak untuk punya instrumen investasi. Terlebih, saat ini pendidikan maupun informasi serta akses terhadap instrumen investasi semacam kripto ini bisa diakses dengan mudah.

“Menurut aku kita sebagai wanita juga harus punya keyakinan terhadap financial freedom, dan terkait hal itu, gak ada salahnya juga kita untuk memulai investasi di berbagai instrumen investasi yang tersedia. Semisal cryptocurrency. Kalau soal kunci utama investasi bagi aku adalah kita harus selalu mencari terus pengetahuan, menambah wawasan, karena gak semua instrumen investasi itu cocok bagi semua orang. Jadi gak salah buat kita wanita untuk selalu menambah pengetahuan. Apalagi berbicara
tentang kripto, dimana kripto sendiri kan sangat dipengaruhi oleh isu-isu yang beredar . Jadi memang mesti up to date terus. Dan disesuaikan juga investasi mana yang sesuai sama kita,” kata Sarah.

Di kesempatan yang sama, Aline Wiratmaja, Certified Financial Planner and VOA Broadcasting Fellow, menuturkan, dalam investasi, investment planning itu sangatlah penting. Dan dalam memilih instrumen investasi, sebaiknya kita jangan nekat nyemplung. Tapi, paling gak kita harus mengerti terkait dasar-dasar analisa teknikal. Dan harus mengerti fundamental dari aset yang di hold.

“Investment planning itu penting banget, tapi aku mau ingetin lagi pondasinya ya, jangan all in all out di satu instrumen yang berisiko, ataupun loncat langsung investasi tapi kedodoran fundamental atau dasarnya. Misalnya emergency fund, dana darurat harus diingat. Kemudian proteksi jangan lupa dan namanya investasi itu kita gak bisa mau enaknya aja gitu, gak mau susahnya. Jadi mau cuannya doang gak mau belajarnya. Begitu kena fluktuasi harga kan terkaing-kaing. Kita harus punya ‘kekaleman’ di tengah-tengah misalnya volatilitas, instrumen investasi yang kita pilih gitu kita harus ngerti paling enggak dasar-dasar analisa teknikal. Kita harus ngerti fundamental dari aset yang kita hold gitu. Mindset-nya juga penting, dan yang tak kalah penting itu money management biar gak kedodoran. Kuncinya itu sustainability, jadi bukan cuma cuan sesaat, kita mau cuan yang jangka panjang juga yang bisa mengantarkan ke tujuan finansial kita,” tutur Aline.

Sepakat dengan Aline, Zabrina Raissa, sebagai Crypto & Stock Enthusiast, juga mengatakan bahwa investment planning sangat penting karena itu balik lagi ke goals yang kita tuju di awal investasi. Zabrina pun mengklaim, investasi di kripto ini sangat menguntungkan dan bisa menghasilkan profit yang luar biasa

“Investment planning sangat penting karena itu balik lagi ke goals yang kita tuju di awal. Kalau dikaitkan dengan dividen di saham juga kira-kira saham apa yang secara company-nya bagus, jadi secara konsisten bisa memberikan deviden yang bagus. Dan juga ini berlaku di kripto juga. Tapi balik lagi ke sisi profile risk, kalau kita masih muda dan agresif itu mungkin kripto bisa dibilang instrumen yang tepat. Karena kalau kita berkaca dari tahun 2020 hingga sekarang ini semua ibaratnya berlomba-lomba ini, investor kripto ini
punya profit return gila-gilaan. Banyak juga yang untung, menghasilkan profit yang luar biasa. Dan banyak milenial yang merasa diuntungkan dengan investasi ini,” ujar Zabrina.

Annisa Aviciena Mareizky, sebagai Female Crypto Enthusiast, juga menegaskan bahwa investasi, terkhusus di kripto itu sendiri tak terpengaruh gender. Wanita, kini memiliki hak yang sama terkait hal itu.

Dan menurutnya, kunci investasi bagi wanita antara lain harus punya rasa haus akan pengetahuan. Lebih baik lagi, kita sebagai wanita harus masuk ke komunitas yang memiliki interest yang sama, seperti komunitas kripto, yang bisa sharing knowledge tentang crypto itu sendiri.

“Menurut aku investasi itu gak melihat gender, kita punya hak sama terkait itu dengan pria. Apalagi sekarang udah banyak banget sumber-sumber informasi, konten-konten terkait investasi, yang baik pria atau wanita itu bisa mengaksesnya. Yang pasti kunci investasi bagi wanita harus haus akan pengetahuan, kalau bisa sih kita masuk ke komunitas yang memiliki interest yang sama, seperti komunitas kripto misalnya,” tuturnya.

Anissa juga beranggapan bahwa kripto bisa jadi alternatif paling menarik untuk menjadi pilihan investasi. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah, dengan modal yang relatif kecil, hasil investasi bisa sangat besar dalam jangka panjang sehingga aset kripto ini dapat menjanjikan masa depan. |WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here