Home CSR Membuka Kesempatan Kerja Bagi Anak-anak Tuan Dusun?

Membuka Kesempatan Kerja Bagi Anak-anak Tuan Dusun?

11
0
Samela tidak pernah bersekolah. Bocah itu tinggal dan bekerja di perkebunan sawit milik Korindo Group bersama neneknya di Desa Getentiri, Distrik Jair, Boven Digoel - geckoproject.id
Samela tidak pernah bersekolah. Bocah itu tinggal dan bekerja di perkebunan sawit milik Korindo Group bersama neneknya di Desa Getentiri, Distrik Jair, Boven Digoel - geckoproject.id

MARKOMINDONESIA – Tunas Sawa Erma (TSE) Group terus menjalankan komitmennya untuk memberdayakan masyarakat Orang Asli Papua (OAP). Salah satunya melalui pembukaan kesempatan kerja untuk sembilan anak tuan dusun di Getentiri, Boven Digoel, Papua, yang dilakukan PT TSE.

Proses penerimaan calon pekerja baru ini dilakukan secara resmi pada Jumat (3/9) di kantor TSE. Sembilan anak tuan dusun yang terpilih tersebut sudah lulus sekolah dan dinilai memiliki kemauan serta kemampuan untuk bekerja di TSE.

General Manager HRD dan Personalia TSE Imran DJ Amir menyebutkan, anak-anak tuan dusun yang terpilih itu telah resmi diterima menjadi pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dengan masa penilaian selama tiga bulan. “PKWT akan diperpanjang jika kinerja mereka dinilai baik, disiplin dan bertanggung jawab,” tuturnya.

Melalui anak-anak perusahaannya, TSE Group rutin menyerap tenaga kerja OAP sebagai upaya memberdayakan masyarakat. Selama tiga tahun terakhir, TSE Group tercatat sudah menyediakan lapangan kerja ke lebih dari 2.400 OAP. Mereka tersebar di perusahaan TSE dan PT Berkat Cipta Abadi (BCA) yang berada di Boven Digoel dan PT Dongin Prabhawa (DP) di Merauke.

TSE Group berharap, upaya penyerapan tenaga kerja lokal ini mampu mengakselerasi kesejahteraan masyarakat di sekitar area perusahaan sekaligus mengurangi angka pengangguran di Papua.

Kuatnya komitmen TSE Group untuk merekrut OAP juga dibuktikan melalui upaya ‘jemput bola’, yakni dengan sosialisasi mengenai lapangan kerja ke para warga distrik dan kampung. Kerja sama dengan pemerintah daerah, terutama kepala distrik, juga sering dilakukan. Dengan berbagai upaya ini, TSE Group berharap dapat memaksimalkan penyerapan tenaga kerja OAP.

Upaya pemberdayaan warga lokal tidak hanya dilakukan melalui penyediaan lapangan kerja. TSE Group kerap memberikan bantuan peralatan dan bahan untuk budidaya di bidang pertanian, perikanan dan peternakan melalui program Corporate Social Contribution (CSC). Bantuan ini dapat dijadikan sebagai modal wirausaha masyarakat setempat. |WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here