Home Otomotif Yang Disukai Kalangan Muda dan Dewasa

Yang Disukai Kalangan Muda dan Dewasa

14
0
Suzuki Baleno hatchback | IST
Suzuki Baleno hatchback | IST

MARKOMINDONESIA – Mobil hatchback masih menjadi salah satu alternatif kendaraan
pilihan konsumen. Desainnya yang aerodinamis, bergaya muda, dan modern membuat
mobil jenis ini tak pernah kehilangan pasarnya, terutama untuk kalangan dewasa muda. Berdasarkan data GAIKINDO, segmen mobil hatchback menguasai 5-7% pangsa pasar
mobil penumpang di Indonesia sejak lima tahun terakhir (2018 – April 2022).

“Target pasar hatchback mirip dengan target pasar city car, yaitu konsumen yang
menginginkan mobil dua baris dengan dimensi yang kompak. Tapi, hatchback menyasar
pada konsumen yang menginginkan kendaraan dengan fitur yang lebih canggih, dengan
mesin 1.500 cc atau lebih, dan memiliki ruang kabin yang lebih luas. Umumnya, konsumen hatchback adalah kalangan dewasa muda yang tinggal di perkotaan dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi,” jelas Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

Berbeda dengan sedan, ciri khas dari hatchback sendiri adalah bagasi yang menyatu
dengan ruang penumpang baris kedua. Dimensi yang dimilikinya pun umumnya sedikit lebih kecil dari jenis mobil SUV maupun MPV. Hal ini pula lah yang membuat mobil jenis
hatchback lebih irit bahan bakar.

Dari segi interior hatchback umumnya memiliki tampilan yang sporty. Sedangkan untuk segi eksterior, mobil segmen hatchback memiliki desain yang aerodinamis dan modern. Untuk menyesuaikan dengan pasar otomotif di Indonesia, mobil hatchback juga memiliki beragam fitur canggih untuk memberikan sensasi berkendara yang nyaman dan aman ketika digunakan di jalanan perkotaan yang padat.

Keunggulan-keunggulan itulah yang membuat hatchback selalu mendapat respons positif
dari masyarakat Indonesia. Sama halnya seperti mobil hatchback keluaran Suzuki, Baleno
hatchback, awalnya adalah sedan yang kemudian bertransformasi menjadi hatchback pada 2017. Transformasi ini merupakan upaya Suzuki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Masih berdasarkan data GAIKINDO, selama tahun 2021, Baleno hatchback berhasil menguasai 12,7% dari total penjualan mobil hatchback. | WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here