Home CSR PMI Kekurangan Pasokan Stok Darah, Pemprov DKI Lakukan Pendataan Online

PMI Kekurangan Pasokan Stok Darah, Pemprov DKI Lakukan Pendataan Online

131
0
Poster Penggalangan Darah Untuk Menambah Stok Darah PMI/IST

MARKOMINDONESIA – Semenjak diberlakukannya gerakan “Jaga Jarak Fisik” (physical distancing) sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, jumlah pendonor darah di PMI langsung berkurang hingga 90%. 

Dus, saat ini PMI mengalami kekurangan stok darah hingga 70%. Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat Linda Lukitari menyebut sejauh ini untuk menambah stok darah yang dimiliki, pihaknya masih mengandalkan kerjasama dengan personel militer, karena tidak memungkinkan mengajak pekerja kantoran yang memang telah diimbau untuk bekerja dari rumah.

“Kalau angkatan (TNI) ya sudah struktur ya, kalau pegawai kantor libur. Sementara itu dulu karena situasi yang tidak memungkinkan,” ujar Linda.

Apalagi menurut Linda, berdasarkan pengalaman, permintaan stok darah ke PMI kerap mengalami lonjakan saat mendekati Idul Fitri. Karena itu memang ada kekhawatiran pasokan berkurang saat permintaan bakal tinggi nanti di tengah kondisi tak normal pandemi corona. “Darah itu tidak ada pabriknya kecuali kita sendiri,” tegas Linda khawatir.

Membuktikan kekhawatiran Linda tersebut tidak mengada-ada, Ketua komunitas Blood for Life Indonesia (@Blood4LifeID) — yang biasa memfasilitasi informasi untuk mencarikan pendonor sukarela dan menjembataninya secara langsung kepada pihak yang membutuhkan donor darah,Yudhinia Venkanteswari mengaku memang saat ini telah terjadi peningkatan permintaan jumlah kantong darah, sementara jumlah pendonor darah menurun sejauh ini.

Yudi merinci bahwa kenaikan permintaan dari pekan ke 10 tahun 2020 dimana terdapat sejumlah 77 permintaan lalu meroket menjadi 128 permintaan pada Kamis (26/3). “Terjadi peningkatan dua kali lipat dari biasanya, imbauan stay at home dan ditiadakannya event donor darah (selain di PMI) berpengaruh signifikan terhadap penurunan jumlah pendonor,” bebernya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak Bapak, Ibu, dan masyarakat semuanya untuk berpartisipasi dalam pendataan ini di tautan bit.ly/datapendonordarah, yang nantinya akan digunakan oleh PMI sebagai basis data untuk membuat donor darah di dekat wilayah Bapak, Ibu, dan seluruh masyarakat.

Kepedulian warga Jakarta sangat berarti bagi para penderita thalasemia, DBD, kelainan ginjal, pasien yang akan dioperasi dan semuanya yang membutuhkan.|WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here