Home Gadgets Sambut Hari Persahabatan Sedunia 2022: Buat Sahabatmu Merasa Spesial!

Sambut Hari Persahabatan Sedunia 2022: Buat Sahabatmu Merasa Spesial!

17
0
Ilustrasi hari persahabatan sedunia | pexels
Ilustrasi hari persahabatan sedunia | pexels

MARKOMINDONESIA – Pandemi telah memengaruhi persahabatan kita dalam berbagai cara. Saat kita harus berdiam diri di rumah, hanya berbagai pesan dan telepon dari teman kitalah yang mengingatkan bahwa kita tidak sendirian. Karenanya menjelang Hari Persahabatan Sedunia pada 30 Juli, jangan lupa hubungi teman-teman kamu! Walaupun social distancing sudah mulai dilonggarkan, akan tetapi masih banyak komunikasi kita yang tetap dilakukan secara online dan hal itu bisa menjadi tantangan untuk menjaga hubungan pertemanan yang kita miliki.

Ketika kita berkomunikasi secara langsung, kita dapat melihat wajah teman-teman kita dan menunjukkan perasaan kita. Sedangkan, melalui komunikasi online, kita tidak bisa sebebas itu dalam mengekspresikan diri karena kita tidak dapat mendengar nada suara ataupun melihat gerak tubuh mereka. Sekedar membaca pesan pada chat online juga bisa saja menjadi lebih ambigu dari maksud kita yang sebenarnya.

Ketika sebagian besar komunikasi kita terjadi secara digital, menambahkan emoji dan sticker ke dalam percakapan bisa memungkinkan kita untuk tidak hanya menyampaikan pesan, tetapi juga memperlihatkan kepribadian kita. Emoji dan sticker dapat bersifat lucu dan menunjukkan perasaan gembira, tetapi juga dapat menyampaikan perasaan bingung, kesal, dan bahkan membuat lawan bicara tertawa, seperti ekspresi wajah atau bahasa tubuh kita yang bisa membuat teman-teman kita terbahak-bahak.

Dalam bukunya, “The Emoji Code” oleh MacMillan Picador, ahli bahasa Inggris Vyvyan Evans berpendapat bahwa emoji membuat kita menjadi komunikator yang lebih baik. Evans menyebut emoji sebagai “bentuk komunikasi yang hampir universal,” menggantikan bahasa gaul internet seperti LOL (laugh out loud) dengan emoji populer “muka dengan air mata bahagia”. Dalam sebuah survei yang dipimpinnya, dimana Evans mewawancarai 2.000 orang dewasa, 72 persen dari anak berusia 18 hingga 25 tahun mengatakan bahwa mereka merasa lebih mudah untuk mengungkapkan perasaan mereka dalam ikon emoji daripada teks. Dalam kelompok yang sama, 51 persen mengatakan bahwa emoji membuat mereka menjadi komunikator yang lebih baik. Selain emoji-emoji yang interaktif, Telegram telah meluncurkan fitur sticker-nya sejak tahun 2015. Sejak itu, fitur sticker terus berkembang dan memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan perasaan mereka dengan lebih baik melalui Static Stickers dan Animated Stickers.

Bertepatan dengan Hari Persahabatan Sedunia di akhir bulan Juli, walaupun kamu dan teman-temanmu tidak sempat berjumpa, kamu bisa memakai sticker animasi, emoji interaktif, dan fitur lainnya dari Telegram untuk ngobrol kembali bersama dengan orang-orang tersayang. Simak gimana kamu bisa membuat sahabatmu merasa lebih spesial:

Sticker Animasi dan Video
Pengguna dapat mencari sticker yang sesuai saat ngobrol dengan menekan ikon untuk stickers di bagian kanan kotak pesan. Adapula cara yang lebih cepat untuk mencari sticker yang sesuai dengan perasaanmu, yaitu dengan mengetik emoji sesuai dengan keinginanmu, agar Telegram dapat langsung merekomendasikan sticker yang serupa. Apabila kamu pengguna Telegram Premium, kamu bisa akses banyak stiker dengan animasi layar penuh yang tetap bisa dilihat semua pengguna, agar lebih emosional dan eskpresif kepada semua orang. Koleksi stiker ini sendiri akan diperbaharui tiap bulan sehingga kamu tak perlu kehilangan cara untuk berekspresi!

Kalau kamu ingin membuat sticker animasi buatanmu sendiri, kamu bisa melakukannya menggunakan Telegram dengan mudah. Pada Januari 2022, Telegram merilis Video Stickers dimana video biasa dapat diubah menjadi sticker agar siapapun dapat membuat sticker animasi dengan menggunakan aplikasi video editing secara mudah. Untuk membuat Video Stickers, kamu hanya memerlukan software yang bisa mengunduh file video dengan format .WEBM. Setelah sticker-mu siap, kirim perintah /newvideo ke bot @Stickers dan kirimkan file .WEBM ke bot tersebut. Untuk mengunggah stickers yang telah kamu buat, bot @Stickers akan menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan setelah kamu menekan tombol ‘Start’ atau kirim /start di chat. Untuk mengetahui cara-cara cepat lainnya bagaimana membuat sticker buatan sendiri di Telegram, kunjungi https://core.telegram.org/stickers#video-stickers!

Emoji Interaktif
Dengan Telegram, emoji menjadi lebih hidup. Dengan mengirimkan emoji tertentu seperti “🎆 🎉 🎈 👍 💩 atau ❤️” ke obrolan pribadi apa pun, pengguna dapat klik emoji animasinya untuk melepaskan efek pada seluruh layar. Jika kamu dan teman ngobrolmu sedang sama-sama membuka ruang chat masing-masing, animasi dan getaran akan diputar secara bersamaan di HP-mu, sehingga akan terasa tetap dekat bahkan saat berjauhan.

Reaksi Unik
Terkadang kamu hanya ingin bereaksi dan menunjukkan perasaanmu tanpa kalimat apapun, dan Telegram sadar akan pentingnya hal ini. Dengan fitur Reactions, kamu bisa langsung memberikan reaksi ke pesan temanmu tanpa mengirim pesan baru. Sentuh dua kali pesan yang kamu inginkan untuk memberikan respon “👍” secara cepat. Untuk reaksi lainnya seperti “😁 🎉 😱 🔥 👎”, kamu bisa sentuh dua kali pesannya (atau tekan pesan tersebut untuk pengguna iOS). Setiap reaksi akan muncul dengan animasi uniknya. Pengguna Telegram Premium juga mendapatkan akses kepada lebih banyak reactions, dengan lebih dari 10 emoji lainnya “👌😍❤️‍🔥💯” (termasuk emoji favorit “🤡🌭🐳”).

Reaction selalu tersedia di chat pribadi. Sementara untuk grup dan channel, admin grup bisa memilih untuk menyalakan fitur tersebut atau tidak, dan memilih reaction emoji apa saja yang dapat digunakan di chat grup tersebut. Sebagai admin grup pertemananmu pada Telegram, silahkan hidupkan fitur reactions agar teman-temanmu dapat bebas mengekspresikan perasaannya terhadap gosip atau cerita terbaru.

Buat Grup dengan Mudah
Memiliki grup Telegram bersama teman tentu membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Grup Telegram dapat diatur untuk menambah hingga 200.000 anggota. Jika ada temanmu yang belum memiliki akun Telegram, tidak perlu khawatir ketinggalan obrolan menyenangkan sebelumnya! Dengan Telegram, mereka masih dapat bergabung dengan obrolan grup sekarang dan tidak merasa ketinggalan karena riwayat obrolan sebelumnya masih tersedia untuk dibaca oleh anggota baru.

Kamu juga dapat dengan mudah menemukan ratusan, bahkan ribuan, orang yang memiliki minat yang sama dengan mencari grup menggunakan kata kunci tertentu melalui kotak pencarian. Jadi, kamu tidak hanya dapat mempertahankan kontak dan menjaga persahabatan dengan teman lama, tetapi dengan Telegram, membuat teman baru menjadi lebih mudah!

Pesan Video dan Panggilan Group
Kami tahu bahwa video tidak akan pernah bisa mengalahkan pertemuan langsung, tetapi video bisa sangat mendekati pengalaman bertemu langsung, lho! Kamu dapat membagikan video singkat ke semua teman dekatmu yang mungkin tidak berada di kota yang sama dan menunjukkan tempat dimana kamu berada serta keadaanmu saat itu. Untuk merekam, ketuk ikon mikrofon di bagian pesan untuk beralih dari rekaman pesan suara ke video. Tekan dan tahan untuk merekam, lalu ketuk ikon kamera untuk beralih kembali. Selain itu, sekarang mungkin saat yang tepat untuk menghubungi teman-teman sekolah lama dan berbagi cerita masa lalu. Kamu juga bisa menggunakan fitur Telegram yang dapat memfasilitasi panggilan video grup dengan kapasitas hingga 30 pengguna yang menyiarkan video dari kamera dan layar mereka. Kamu bahkan dapat berbagi layar dan membahas gosip terbaru dengan teman-temanmu saat menelepon. Seperti fitur-fitur lain di Telegram, kamu juga dapat mengecilkan layar panggilan saat mengobrol dan menikmati fitur-fitur lain secara bersamaan.

Bot Hiburan untuk Mengisi Waktu Luang
Pernah dengar tentang permainan yang bisa dilakukan melalui group dengan menggunakan bot? Nah, Telegram menyediakan bot tersebut untuk kamu dan teman-teman bermain bersama! Bot Telegram menawarkan pengalaman HTML5 yang beraneka ragam, mulai dari arcade dan teka-teki sederhana hingga tembakan 3D dan game strategi waktu nyata. Bot ini mudah digunakan; setelah mengundang bot ke dalam grup, kamu hanya perlu mengirim chat dengan perintah tertentu sehingga kamu dapat mengaktifkan bot dan bermain bersama teman-teman. Kamu juga dapat mengirim permintaan langsung melalui kotak pesan dengan mengetik @username bot dan kebutuhanmu. Ini memungkinkan pengiriman konten dari bot langsung ke chat pribadi, grup, atau channel. Kamu bisa tetap berkompetisi dan bersenang-senang bahkan ketika terpisahkan oleh jarak.

Itulah beberapa fitur Telegram yang bisa kamu gunakan untuk tetap terhubung, memperdalam pertemanan, bahkan mencari teman baru, baik dekat maupun jauh. Jadi, sudah siap membangun dan menjaga hubungan persahabatan kamu dengan menggunakan Telegram? Ini merupakan pertanda untuk menghubungi orang-orang yang kamu cintai. Ingat, persahabatan merupakan komunikasi dua arah! |WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here