Home Apple Usai Cubit Google dan Amazon dengan Iklan di CES 2019, Apple Pamer...

Usai Cubit Google dan Amazon dengan Iklan di CES 2019, Apple Pamer Rumah Pintar di CES 2020

351
0
Meski tak hadir di CES 2019, Iklan Apple dipasang selama perhelatan CES 2019 sindir isu privasi perusahaan lain yang disinyalir yaitu Google dan Amazon/IST

MARKOMINDONESIA – Sebagai sebuah brand yang dikenal kreatif, Apple selalu saja bisa dianggap menampilkan sesuatu yang unik atau tak lazim. Misalnya pada pergelaran CES 2019 lalu. Tanpa ikut hadir dan menjadi peserta  pergelaran CES 2019 tersebut, Apple malah memasang sebuah banner besar yang diletakkan dekat lokasi penyelenggaraan CES tersebut. Banner raksasa sepanjang 13 lantai tersebut dipasang di hotel yang berlokasi di dekat penyelenggaran CES, yakni Las Vegas Convention Center.

Lalu apa tulisan yang disampaikan dalam banner tersebut? Secara berani Apple mengganti ungkapan popular mengenai Las Vegas, “Apa yang terjadi di Las Vegas, tetap berada di Las Vegas’ (What Happens in Vegas, Stays in Vegas), menjadi “Apa yang ada iPhone, tetap berada di iPhone-mu”. Selanjutnya Apple menyertakan tautan ke situs privasi milik Apple.

Sontak, banner tersebut berhasil mencuri perhatian banyak pihak. Sebagian besar khalayak pun langsung menebak bahwa kemungkinan besar ungkapan tersebut ditujukan Apple untuk mengejek Google dan Amazon yang waktu itu mengambil peranan besar pada CES 2019 tersebut.

Boleh jadi ejekan Apple tersebut memang telah dipertimbangkan secara matang dan tepat sasaran. Pasalnya dua perusahaan besar tersebut (Google dan Amazon) memang dikenal cukup bermasalah dengan keamanan data penggunanya.

Bahkan keduanya dianggap kerap mengambil data pengguna secara anonim untuk menampilkan iklan tertarget. Tentunya Apple menganggap dirinya berbeda dan kerap mengklaim sebagai perusahaan yang menjaga dengan rapat data penggunanya.

Apple menyadari sepenuhnya bahwa permasalahan pemasaran dan iklan tertarget tersebut memang tengah menjadi focus perhatian banyak kalangan, terkait terkuaknya kasus 2018 yang dihebohkan oleh skandal kebocoran data pada Faceboook. Sebab itulah maka Apple memanfaatkan topic tersebut untuk “mencubit” kedua rivalnya yang dianggap lemah pada permasalahan keamanan pengguna tersebut.

Kurang ajarnya, meski memanfaatkan momen pergelaran CES 2019 untuk mencuri perhatian pesertanya dan kalangan public yang menyimaknya, Apple sama sekali tak berpartisipasi di ajang CES 2019 tersebut.

Pamer di CES 2020

Berbeda dengan yang dilakukan pada CES 2019 yang hanya menggoda dengan iklan nyinyirnya, maka di tahun 2020 sekarang, Apple akan benar-benar ikut berpartisipasi dalam CES 2020 yang digelar.

Konsep rumah pintar Apple dipamerkan di CES 2020/IST

Rencananya Apple yang merupakan raksasa teknologi asal Cupertino tersebut akan hadir sebagai peserta dan membuka stand di pameran tahunan yang berlangsung di Las Vegas itu.

Keseksian tahun 2020 ini sepertinya mampu mendorong Apple untuk memutus tradisi dimana selalu tidak pernah hadir (absen) dalam setiap pameran CES yang digelar. Tercatat, perusahan besutan Steve Jobs dan Steve Wozniak ini terakhir hanya ikut CES pada 1992 lampau.

Lagi-lagi rivalitas terhadap kompetitornya, Amazon dan Google-lah yang membuat Apple melakukan hal itu. Lantaran tidak mau kalah dengan Amazon dan Google yang dikabarkan akan meluncurkan perangkat IoT baru yang mendukung perintah suara, maka di CES 2020 nanti, Apple dipastikan akan pamer sistem rumah pintarnya, HomeKit, meskipun tidak akan ada peluncuran produk baru Apple di sana.

Hanya saja, rencananya Senior Director of Global Privacy Apple Jane Horwath dijadwalkan akan menyampaikan pidatonya pada 7 Januari 2020 besok. Jane dikabarkan akan tetap berbicara soal perlindungan privasi pelanggan yang menjadi titik lemah Google dan Amazon, pesaingnya.

Akhirnya hadir di CES 2020, Apple pamerkan rumah pintar/IST

Bagaimana akhir dari persaingan mereka tersebut. Tentunya persaingan kecanggihan teknologi dan saling kritik kelemahan lawan antara Google, Amazon dan Apple ini justru akan banyak mendatangkan keuntungan bagi kita penggunanya. Semakin mereka bersaing, semakin maju teknologi yang diciptakan. |WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here