Home CSR Sinergi AXA Mandiri dan Kemenkes RI, Tingkatkan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi

Sinergi AXA Mandiri dan Kemenkes RI, Tingkatkan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi

6
0
Direktur AXA Mandiri Rudi Nugraha (tengah) dan Chief Communications Officer AXA Mandiri Atria Rai (kiri) berfoto bersama Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Imran Agus Nurali (kanan) usai penandatanganan program kerja sama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di kantor Kemenkes RI dengan protokol kesehatan yang ketat. | IST
Direktur AXA Mandiri Rudi Nugraha (tengah) dan Chief Communications Officer AXA Mandiri Atria Rai (kiri) berfoto bersama Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Imran Agus Nurali (kanan) usai penandatanganan program kerja sama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di kantor Kemenkes RI dengan protokol kesehatan yang ketat. | IST

MARKOMINDONESIA – Tantangan kesehatan pandemi COVID-19 semakin mendorong PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) untuk dapat meningkatkan perannya dalam melindungi, serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai inisiatif yang dilakukan perusahaan.

Salah satu inisiatif yang dijalankan AXA Mandiri adalah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui sinergi untuk menjalin kerja sama dalam mengimplementasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Instruksi Presiden No. 1/2017 mengenai percepatan dan sinergi tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat, guna meningkatkan produktivitas penduduk, serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan Indonesia.

Penandatanganan program kerja sama GERMAS dilakukan oleh Direktur AXA Mandiri Rudi Nugraha dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Imran Agus Nurali di kantor Kemenkes RI dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami percaya AXA Mandiri dan Kemenkes RI memiliki tujuan mulia yang sama, yaitu meningkatkan kesehatan dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia agar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di area kesehatan di masa depan juga dapat tercapai. Di tengah pandemi ini, dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang baik antara AXA Mandiri dan Kemenkes RI, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus terlindungi, serta semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan,” ujar Rudi Nugraha, Direktur AXA Mandiri.

Program kerja sama dengan GERMAS menekankan pada aspek preventif-promotif (pencegahan dan peningkatan edukasi kesehatan). Hal ini sejalan dengan visi AXA Mandiri “From Payer to Partner”, dimana perusahaan berperan lebih dari sekedar membayar klaim kepada nasabah, namun menjadi mitra dalam menyediakan perlindungan kesehatan dan jiwa, serta tujuan perusahaan yaitu bertindak demi kemajuan insan manusia dan melindungi yang terpenting bagi mereka.

Ruang lingkup sinergi dan kerja sama antara AXA Mandiri dan Kemenkes RI yang direncanakan berjalan hingga tahun 2023 ini, antara lain meliputi: (1) Edukasi kesehatan terkait GERMAS (2) Literasi Keuangan dalam mendukung GERMAS (3) Penerapan GERMAS kepada karyawan AXA Mandiri (4) Penyebarluasan Informasi kesehatan melalui berbagai kanal media komunikasi AXA Mandiri dan Kemenkes RI, baik internal maupun eksternal.

“Melalui GERMAS, kami harap masyarakat mendapat bekal yang lebih baik berupa edukasi kesehatan dan literasi keuangan, sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas kesehatan, serta mengantisipasi risiko dengan bijaksana melalui perencanaan keuangan dan solusi perlindungan yang tepat,” ujar Rudi Nugraha.

AXA Mandiri bersama dengan entitas bisnis AXA lainnya di Indonesia pada 2017 pernah menjalankan program GERMAS dan kegiatan dilakukan di berbagai kota antara lain Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, dan Lampung. Kegiatan promosi kesehatan (pemeriksaan kesehatan gratis, edukasi kesehatan) tersebut tidak hanya menyasar pada perempuan, anak-anak dan masyarakat umum, tetapi juga meliputi kelompok masyarakat berkebutuhan khusus seperti anak dengan autisme dan penyandang disabilitas. Kelompok ini diberikan dukungan berupa peningkatan kreativitas, serta edukasi keuangan dasar agar mereka bisa lebih mandiri di masa depan.

Selain itu, Karyawan AXA Mandiri dengan latar belakang psikologi juga turut berpartisipasi dalam program mental healing kepada para korban bencana alam di Lombok, NTB dan Palu, Sulawesi Tenggara di 2018, serta perusahaan mengirimkan obat-obatan di kedua lokasi tersebut beserta relawan dokter yang merupakan karyawan AXA Mandiri untuk menurunkan risiko kesehatan masyarakat paska bencana.

Kemenkes RI menyambut kolaborasi GERMAS bersama AXA Mandiri ini dengan baik dan berharap agar program ini tidak hanya meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, tetapi juga menciptakan budaya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat jangka panjang, guna menciptakan bangsa Indonesia yang lebih maju di masa depan.

“Kami mengapresiasi komitmen AXA Mandiri untuk berkontribusi dalam mendorong pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia. Semoga kerja sama GERMAS ini akan menumbuhkan budaya pola hidup sehat jangka panjang, sehingga masyarakat bisa lebih sehat dan produktif, yang akhirnya menopang pembangunan negara,” tutup Imran Agus Nurali, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes. |WAW-MARKOM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here