Home B2B Sinergi SIRCLO dan Smesco, Inisiasi Festival Panen Omset dan Perkenalkan Fitur Cekatan

Sinergi SIRCLO dan Smesco, Inisiasi Festival Panen Omset dan Perkenalkan Fitur Cekatan

28
0
(ki-ka) Leonard Theosabrata (Direktur Smesco Indonesia), Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM, beserta Ferry Tenka (CEO of Entrepreneur Solutions SIRCLO) saat memberikan sambutan di acara kick-off Panen Omset | IST
(ki-ka) Leonard Theosabrata (Direktur Smesco Indonesia), Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM, beserta Ferry Tenka (CEO of Entrepreneur Solutions SIRCLO) saat memberikan sambutan di acara kick-off Panen Omset | IST

MARKOMINDONESIA – Sebagai salah satu sektor bisnis yang kian bertumbuh, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diketahui memiliki peran yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jenis usaha ini mampu menyerap 97% tenaga kerja nasional dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 61%. Di saat yang sama, tingginya tingkat adaptasi internet di Indonesia menjadikan transformasi digital kemudian hadir sebagai upaya yang dapat mendorong para pelaku usaha untuk semakin unggul di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Namun, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, untuk membantu para pelaku UMKM agar mampu bersaing dan bertransformasi di era digital, SIRCLO bekerjasama dengan Smesco menyelenggarakan Festival Panen Omset di 11 Kota di Indonesia. Festival Panen Omset adalah rangkaian program edukasi dan pendampingan digitalisasi UMKM yang ditujukan untuk pelaku UMKM dari sektor bisnis manapun.

Tidak hanya itu, untuk membantu lebih banyak UMKM go online, di Festival Panen Omset ini, SIRCLO sekaligus secara resmi memperkenalkan Cekatan (Check-Out Satu Halaman), sebuah fitur baru dari SIRCLO Store yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online secara singkat dalam waktu kurang dari 5 menit. Dengan adanya fitur ini, para pelaku UMKM, terutama yang tidak menjual banyak produk, dapat menampilkan katalog produk dengan mudah walaupun tidak memiliki kemampuan coding maupun keahlian mendesain website. Para pelaku UMKM juga dapat memberikan pelanggannya kemudahan dan kenyamanan pada saat berbelanja melalui tampilan halaman checkout yang sederhana.

Fitur Cekatan ini dapat hadir berkat kolaborasi dan proses pengembangan produk yang dilakukan SIRCLO bersama dengan Smesco. Fakta yang ada di komunitas Smesco memperlihatkan bahwa sangat banyak pelaku UMKM yang hanya menjual secara online 1 sampai maksimal 5 produk, ternyata mampu memiliki omset hingga ratusan juta per bulan. Sayangnya, aktivitas operasional seperti pembayaran, pengiriman barang, dan laporan penjualan masih dikerjakan secara manual. Hal inilah yang menginspirasi pengembangan fitur Cekatan.

“Kolaborasi dengan Smesco ini membuat kami semakin yakin bahwa kreativitas UMKM Indonesia sangat potensial untuk terus bertumbuh dan jika didukung literasi digital yang mumpuni, akan memberikan impact yang sangat besar terhadap ekonomi nasional. Kami berharap dengan adanya fitur Cekatan di SIRCLO Store dan juga didukung dengan Festival Panen Omset ini, akan lebih banyak lagi usaha yang dapat naik kelasnya. Tidak hanya sebagai usaha mikro, kecil, menengah, kami ingin melihat berbagai produk yang dikelola oleh para pengusaha UMKM menjadi produk kebanggaan Indonesia, yang tidak hanya berhasil meraup omset di negara sendiri namun juga mampu membawa nama Indonesia di kancah global.” tukas Ferry Tenka CEO of Entrepreneur Solutions SIRCLO.

Festival Panen Omset terbagi atas tiga rangkaian kegiatan utama, yakni Workshop Cuan Bersama, Lomba Panen Omset, dan Pasar Panen Omset. Cuan Bersama merupakan kelas pendampingan serta pelatihan bagi UMKM untuk mempelajari dua solusi yang dapat membantu memfasilitasi penjualan online dengan fitur Cekatan dan Digital Marketing yang ada di SIRCLO Store. Para peserta Panen Omset akan mendapatkan akses penggunaan fitur Cekatan secara gratis. Tidak hanya itu, peserta program juga akan didampingi untuk mengenal berbagai fitur unggulan yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa penjualan mereka.

Setelah itu, untuk mempraktekkan bimbingan yang telah diberikan, peserta kemudian dapat mengikuti Lomba Panen Omset, sebuah kompetisi bisnis selama sebulan yang dirancang untuk mendorong UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka melalui digitalisasi. Para pebisnis yang berhasil dinobatkan sebagai pemenang akan berkesempatan untuk membawa pulang paket promosi bisnis dan berbagai dukungan usaha lainnya. Rangkaian program akan ditutup dengan Pasar Panen Omset, dimana para pelaku UMK dapat terhubung, mempromosikan dan menjual produk mereka ke masyarakat secara offline.

Inisiatif ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Dalam sesi kick-off Panen Omset, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM mengungkapkan, “Saya sangat mengapresiasi kolaborasi Smesco dan SIRCLO melalui Festival Panen Omset ini. Inisiatif ini saya harapkan dapat memberikan dampak positif peningkatan omset pelaku UMKM melalui digitalisasi. Di sisi lain, roadshow di 11 kota di Indonesia ini juga dapat mengakselerasi pelaku UMKM di berbagai kota se-Indonesia untuk go online. Saya optimis kekuatan UMKM Indonesia sangat besar, semoga setelah mengikuti program ini, usaha teman-teman UMKM dapat terus berkembang pesat.”

Leonard Theosabrata selaku Direktur Smesco Indonesia, juga mengungkapkan hal senada, “Kolaborasi Smesco Indonesia dengan SIRCLO ini telah menghasilkan pengembangan fitur khusus untuk teman-teman UMKM Smesco yang memang butuh tools pembuatan toko online yang ringkas, mudah, dan sederhana untuk berjualan online. Sangat penting bagi UMKM untuk mencoba mandiri berjualan online dengan memiliki kanal toko online sendiri. Mudah-mudahan fitur toko online ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnis dan omsetnya.”

Festival Panen Omset akan berlangsung dari bulan Juni hingga November 2022 dan diperkirakan akan mengundang partisipasi dari 10.000 pelaku UMKM di Indonesia. Para peserta Panen Omset juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total senilai Rp 1 Miliar. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait rangkaian acara yang dihadirkan dan pendaftaran diri, pelaku UMKM dapat mengunjungi laman https://www.panenomset.com/. | WAW-MARKOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here