Home EKONOMI KREATIF WAWANCARA KHUSUS Dengan Dr Nina Kurnia Hikmawati: Manajemen, Professional, dan Spiritual Sebagai...

WAWANCARA KHUSUS Dengan Dr Nina Kurnia Hikmawati: Manajemen, Professional, dan Spiritual Sebagai Legacy

17
0
Dr Nina Kurnia Hikmawati/IST

Dr Nina Kurnia Hikmawati, bicara perjalanannya dan melangkah dengan kekuatan komunikasi, organisasi dan aktivitas akademik yang luar biasa. 

Nama Dr Nina Kurnia Hikmawati (NKH) kini sedang menanjak karirnya. Ia seorang sosok perempuan masa depan Indonesia. Perjalanannya mulai terlihat dan fenomenal. Perempuan kelahiran Majalengka Jawa Barat ini sebagai sosok yang mulai diperhitungkan dan dunia intelektual akademi.

Nina adalah seorang Doktor Ilmu Manajemen Universitas Padjadjaran (UNPAD) ini bisa disebut juga sebagai sosok perempuan modern masa depan. Dirinya sangat percaya bahwa sebagai perempuan harus memahami masa depan dan menghargai masa lalu penuh sungguh-sungguh.

“Masa depan harus dijadikan tujuan dan ini juga bisa kita ingatkan ke  millennial agar ingat masa-masa sejarah cikal bakal tradisi yang harus dijunjung tinggi,”ungkapnya membuka pembicaraan dengan TIM Media MMG Group.

Saat wawancara terlihat bahwa Dr Nina KH  begitu panggilannya memliki visioner dan kami menilai ia sosok perempuan yang akan paling berpengaruh di masa depan.

Aktivitas dan prestasinya selain panjang kisahnya dalam dunia edukasi (akademisi), dirinya juga piawai mengelola bidang keilmuan yang ia jalani saat ini. Ditengah kesibukan sebagai dewan juri sebuah event festival ia menyempatkan menjawab sejumlah pertanyaan yang kami ajukan. Dr Nina KH sangat aktif dalam forum-forum penting nasional dan international.

Berikut adalah petikan wawancara dengan Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M.,. yang juga Dosen Program Studi Sistem Informasi Unikom Ketua Srikandi Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM).

Bisa dijelaskan tentang perjalanan Anda dalam sejumlah aktivitas selama ini?

Dr Nina KH: Saya belum menjawab saya ingin mengutip hadist  dari Rasulullah SAW yang mengatakan, “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (H.R. Bukhari). Jadi hal inilah menjadi pegangan dan sebagai patokan dalam kegiatan untuk menjadi lebih manfaat dengan keberadaan di lingkungan berbagai masyarakat, untuk sodaqoh memintarkan orang lain, sodaqoh menyenangkan orang lain, sodaqoh membuka rejeki orang lain dan hal lainnya untuk sesama. Itulah aktivitas saya saat ini. Bagaimana kita bisa memetik hasil yang baik jika tidak melakukan kerja keras dalam menanam dan merawatnya sebagai legacy atau warisan.

Saya sendiri dalam perjalanan aktivitas kegiatan paling banyak di kegiatan bermasyarakat dalam organisasi, selain kegiatan lainnya, PEKERJAAN, ORGANISASI, KELUARGA, PERSONAL & SPIRITUAL Perjalanan dalam sejumlah aktivitas terdiri dari perjalanan Pekerjaan, Organisasi, Keluarga, Personal dan Spiritual dapat dijelaskan juga bahwa PEKERJAAN saya didalam karir akademik, melakukan beberapa kegiatan sesuai dengan tugasnya yaitu Mengajar dengan melakukan pengajaran untuk mahasiswa dari S1 Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Informatika di UNIKOM,  S2 Program Studi Administrasi Bisnis untuk mata kuliah Digital Business Sience di International Women University dan S3 Program Studi Doktor Ilmu Manajemen UNPAD untuk komponen Ahli beberapa Mahasiswa.

Saya juga melakukan penelitian pendukung Jabatan Fungsional, melakukan Pengabdian Masyarakat dan melakukan kegiatan-kegiatan dengan masuk ke lingkungan masyarakat bersama-sama kementrian, mahasiswa berupa kegiatan-kegiatan, contoh Subang Project, UMKM Gunung Puntang, dll.

Dr Nina KH juga aktif mengisi sejumlah Seminar dan Webinar di berbagai kota dan kampus (minimal 1 bulan sekali, maksimal seminggu sekali), Menjadi juri di TOP Digital untuk kementrian, pemerintah daerah, BUMN maupun Industri di Indonesia dan juri budaya sunda. Di kampus UNIKOM sebagai Pekerjaan Profesional sebagai pemegang Direktorat Kolaborasi lembaga tentu mengisi dengan berbagai hal kegiatan kerjasama baik dengan sesama lembaga pendidikan, dengan pemerintahan, industri dan komunitas khusunya yang mendukung institusi universitas maupun program studi sebagai tombak sebuah lembaga pendidikan.
Ada juga LAM INFOKOM dimana mengerjakan berbagai kegiatan koordinasi sebagai Dewan Eksekutip LAM INFOKOM untuk persiapan operasional dan beberapa Lembaga Yayasan memantau koordinasi dan mengarahkan operasional lembaga.

Dr Nina KH juga aktif di Organisasi yang diikuti dan paling banyak dihandle adalah organisasi berbau AKADEMIK antara lain (APTIKOM) PUSAT adalah Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer yang merupakan sebuah organisasi wadah paguyuban lembaga tinggi/kampus negeri dan swasta khusus bidang informatika dan komputer di Indonesia. Jabatan sebagai Sekretaris Jendral I Bidang External, dimana melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai pihak baik kedalam anggota maupun ke pihak external dalam dan luar negeri untuk kemajuan organisasi, anggota dan dunia pendidikan di bidang ICT. Selain sebagai pengrus pusat APTIKOM, juga memegang kegiatan lainnya dalam wadah APTIKOM diataranya, Pengurus Lembaga Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Dan MOC APTIKOM, sebagai Wakil Direktur II Bidang Administrasi Dan Keuangan. KOMISI PENJAMINAN MUTU MATERI PEMBELAJARAN PJJ DAN MOOC APTIKOM sebagai Anggota

Organisasi lainya diantaranya APTISI yaitu Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), sebuah wadah seluruh kampus swasta di Indonesia, dengan jabatan pada Divisi Bidang PJJ dan Digitalisasi Kampus. Di KADIN INDONESIA Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan KADIN INDONESIA (KADIN Eddy Ganefo dan PERWARI JABAR sebagai Koordinator Bidang IT Pengurus Daerah (PD) PERWARI Jawa Barat, April 2021 Pembina PERMIKOMNAS, APTIKOM JABAR, IAII, PPI, Pembina Bisnis Guru Indonesi (BGI) dll. 

Selain Organisasi ke arah akademik, juga diikuti Organisasi kemasyarakatan :
1. Dewan Pakar Pengurus Besar Padepokan Puser Bumi Nusantara (PB PPBN), April 2021
2. Sekretaris Kongres Sunda 2020 sd sekarang
3. Direktur Eksekutip Gerakan Sunda Pilihan (GERPIS), Februari 2021 sd sekarang
4. Satu Indonesia
5. FORKODETADA
6. Dan lain – lain organisasi kemasyarakatan serta mengusung sebagai Ketua Harian di Provinsi Cirebon Raya. Secara aktivitas juga tak luput untuk KELUARGA dengan mengatur kegiatan, maka prosentasenya disisihkan untuk keluarga khususnya untuk kuantitas dan kualitas keluarga, dan fokus untuk mendidik ketiga putra dalam hal keilmuan, spiritual, kekuatan mental, kemandirian serta belajar bermasyarakat. Dan PERSONAL dengan merawat dan mengasah jiwa dan raga untuk ketahanan diri, khususnya untuk selalu positip, melatih stamina, fokus dan bahagia dengan menyalurkan hobi dan olah jiwa dan raga, serta personal branding di media sosial dan komunikasi untuk penyimpanan sejarah.

Dalam SPIRITUAL Dr Nina KH  juga menjaga hubungan baik dengan Maha Pencipta dan isinya melalui ibadah secara Agama Islam, dan implemetasinya baik yang tersurat dan tersirat, biasanya dilakukan malam hari.

Secara aktivitas kegiatan yang setumpuk itu ia lakukan dalam perjalanan dan aktivitas baik harian maupun secara global, “Ini sebagai legacy kedepan dan kebermanfaatan,” paparnya.

Bagaimana proses dalam setiap aktivitas yang dibuat baik di akademi, maupun organisasi?

DR NINA KH: Aktivitas yang dibuat baik di akademik maupun organisasi, adalah selalu melihat dari Visi Misinya, kemudian diterjemahkan dan beberapa strategy baik pemahaman kondisi dan faktanya sesuai kekuatan kelemahan peluang dan tantangannya serta membuat beberapa strategy diantaranya dalam strategy implementasi serta strategi kontrolnya dalam bentuk penjadwalan timeline yang terukur secara target date dan person in charge nya yang disesuaikan dengan GOAL yang akan dicapai, baik secara nilai kerja financial ataupun pergerakan lainnya yang terukur. Aktivitas di akademik dan organisasi serta di profesional bekerja sesuai dengan skala prioritas dengan manajemen leadership kedalam dan keluar organisasi dan manajemen waktu yang harus disesuaikan dengan empowering organisasi dan SDM serta berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Apa saja luka likunya dalam, analisis, issue, riset ruang, dan atau aktivitas lainnya?

DR Nina KH : Didalam sebuah wadah organisasi baik lembaga ataupun perkumpulan selalu ada dinamika. Tentu dinamika itulah yang harus menjadi paradigma view sebagai penyempurnaan pola pikir. Paham, mengerti dan positip thinking serta mengambil sikap fleksible dengan hasil yang perfeksionis serta fokus the power of mind pada tujuan selain memusatkan ke titik 0.

Aktivitas Anda yang sudah melakukan apa saja Anda sudah puas dengan selama ini, apakah ada hal yang lain dan masih ingin diulang terus sampai puas dan berhasil optimal?

Dr Nina KH : Saya termasuk manusia perfeksionis yang kemudian berusaha untuk flexsibel. Setiap pekerjaan dan hal yang dihadapi akan serius ditangani dengan sepenuh hati, berharap sempurna dan the best. Sejak kecil sudah terbiasa dengan hal tersebut, untuk pencapaian terbaik dan nomor satu, serta di akhir hasilnya harus selalu bersyukur karena itulah yang terbaik. Karena kedepan akan hadir lagi tantangan baru yang harus mampu menghadapi dan beradaptasi melalui perkembangan diberbagai kegiatan lain.

Anda ada dalam sejumlah organisasi dan akdemisi bisa dikisahkan dan diceritakan cara atur waktunya dan menjaga ritme?

Dr Nina KH : Menangani berbagai organisasi dan pekerjaan serta sebagai akademisi diatur dalam manajemen waktu dan leader terhadap diri sendiri, fokus dan disiplin waktu dan tercatat sesuai skala prioritas dengan bantuan personalia lainnya untuk hal yang sifatnya teknis. Hal yang paling penting dalam menjaga ritmenya adalah disiplin dan meninggalkan kontra produktif.

Sebenarnya cinta-cinta dulu apa? Apa sudah terwujud ? Dalam imajinasi atau riil konteks kehidupan politik, sosial, religi saat ini menurut Anda bagaimana?

Dr Nina KH : Dengan pandangan bahwa Rahmatan Lil Alamin dan memahami kemana akan pulang dengan meninggalkan sebuah legacy seperti pendahulu, maka tidak akan mungkin terwujud jika tidak mengasah keilmuan Akademik dan Politik, Kolaborasi dan Enpowering secara Sosial serta Kekuatan Religi dengan penuh energi, kecuali bersyukur dengan keadaan nyata tanpa menanam.

Siapakah yang memberikan inspirasi selama ini Anda dalam beraktivitas?

Dr Nina KH : Inspirasi dalam beraktivitas adalah dengan meniru pola pikir dari para guru-guru baik akademik dan non akademik serta pengolahan pemikiran sendiri dari a little thinking for the big effect secara terintegrasi dalam pandangan jangka panjang.

Bisa diceritakan asal-usul kenapa saat ini Anda sebagai perempuan yang aktif di kesundaan?

Dr Nina KH : Pada intinya karena senang berorganisasi, berkolaborasi, berkawan-kawan, bersosial masyarakat dan pada suatu ketika diluar lingkaran akademik, nampak the real fact bahwa terjun ke dunia kita berpijak adalah pilihan pasti untuk memberikan kemanfaatan untuk memuliakan asal usulnya. Tentu saya sebagai asli sunda berasal dari Talaga Majalengka sangat terpanggil dengan kegiatan-kegiatan kesundaan dimulai dengan Caraka Sundanologi, Pastapa Nusantara dan dalam satu dua tahun terakhir aktif di Kongres Sunda serta Gerakan Pilihan Sunda.

Bagaimana proses Anda yang selama ini membuat cara dan memberikan edukasi dan melakukan relationship dalam perjalanan karir Anda?

Dr Nina KH : Sebagai pendidik yang baru satu tahun mendapatkan NIDN, maka cara memberikan edukasi adalah dengan spirit dan semangat memberi, dengan konsep giving and caring dan kemampuan berkomunikasi serta penguasaan literasi melalui pengetahuan – pengetahuan yang disampaikan berupa tiga hal yang tidak terpisahkan diantaranya secara Akademik, Psikologis dan Spiritual kapada teredukasi dengan media ICT dan konten textual, video dan gambar. Sebagai Profesional yang telah bekerja di Dunia Industri, Dunia Kemasyarakatan dan Dunia Pendidikan, dan paham konsep bekerjasama dalam memberikan value untuk ralationship maka selalu berdiri untuk memberikan benefit dan integritas yang baik, serta merawatnya melalui komunikasi.

Anda sangat luar biasa aktivitasnya berapa lama dibutuhkan anda untuk mempersiapkan setiap aktiviatas presentasi persiapan apapun?

Dr Nina KH : Paling cepat 30 menit sampai 3 jam jika fokus dan tidak tertidur malam he…he..he..

Apa yang ingin dicapai dalam hidup Anda saat ini?

Dr Nina KH : Bahagia dan Kebermanfaatan sesuai target Akademik, Profesional, Politik dan Spiritual sebagai legacy atau warisan

Apakah Anda punya Credo dalam hidup?

Dr Nina KH : Apapun ceritanya, yang menentukan adalah diri kita sendiri yang membuat cerita. Keindahan dari sebuah cerita melalui paradigma pola pikir dan terbukti nyata.

Tentang Dr Nina KH

Dr. Nina Kurnia Hikmawati, SE. MM, Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 4 Maret 1969 3.Agama : Islam,  Status : Menikah,  Suku : Sunda.  Hobby : Olah Raga, Traveling, Pendaki Gunung. 

RIWAYAT PENDIDIKAN

Akademik : 1 SD : SD Negeri CIMINDI III Bandung & Sukamulya Bantarujeg Majalengka Jawa Barat 2 SMP : SMP Rajagaluh Majalengka, Jawa Barat. Prestasi Kelas 1 : Juara Umum I se SMP SMP Negeri I, Majalengka Jawa Barat 3 SMA : SMA Negeri I, Majalengka Jawa Barat. Prestasi : Prestasi Kls 1 Juara Umum III se SMA 4 S1 : 1987 – 1992, Sarjana Ekonomi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNISBA Prestasi : The Best Student Untuk AKTIVIS Dan Sumbangsih Untuk Kampus th 1992. 5 S2 : 2009 – 2011, Magister Manajemen, Institut Manajemen Telkom, sekarang Telkom University Prestasi : Satu orang Lulusan tercepat dalam satu Angkatan 6 S3 : 2012 – 2016, Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) UNPAD.

PENGALAMAN MENGAJAR

1.2007 – 2009, Mengajar Kewira Usahaan di Politeknik Telkom. Prestasi : The Best Lecture 2.2017 – 2019, Dosen Program S1 DKV Telkom University. Perestasi : The Best Leture 3.2017 – 2019, Dosen Magister FEB Tekom University, 4.2017 – 2019, Dosen Magister Universitas AMIKOM Jogjakarta Dalam Program PJJ APTIKOM – AMIKOM 5.2018 – Sekarang, Oponen Ahli Program Doktor Ilmu Manajemen FEB UNPAD 6.2020 – Sekarang, Dosen Sistem Informasi UNIKOM 7.2021 – Sekarang Dosen Magister International Women University (IWU) V. RIWAYAT ORGANISASI & KEGIATAN 1.Saka Wahana Bhayangkara, LEMKARI, AMPI, PURNA PASKIBRAKA INDONESIA (PPI) Tahun 1985 2.Caraka Sundanologi, Gerakan Guru Melek Internet Nasional, KERLIP 3.ACAD SIRT, anggota, 2011 sampai dengan sekarang 4.Tim ICT Pura KEMINFO, 2011, 2012, 2013 Bersama APTIKOM 5.Forum CFCD, forum CSR Indonesia, tahun 2011 sampai dengan 2019 6.Implementor E-KTP di KEMENDAGRI, 2011 Bersama APTIKOM 7.Implementor Google Indonesia Business Online (GIBO) di Google Indonesia, 2012 Bersama APTIKOM 8.Relawan TIK Nasional, 2012 9.IAII (Ikatan Ahli Informatika Indonesia) Juli 2014 – Sekarang sebagai Industrial Cooperation Director (tidak aktip) 10. APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika Dan Komputer), 2010–14, Cooperation and Sekretariat Director. 11. APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika Dan Komputer),2014-18 sbg SEKRETARIS JENDRAL I (Bid Ext) 12. APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika Dan Komputer),2018-22 sbg SEKRETARIS JENDRAL I (Bid Ext) 13. APTIKOM JABAR 2018- 2022 Sebagai PEMBINA 14. UNPAD – BUMN Center Of Excelent, 2016 Collaboration Unpad BUMN Center Of Excelent 15. Tim Nasional Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) INFOKOM 2017 sd sekarang 16. Tim Nasional Pengelola Distance Learning, Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Program Magister APTIKOM 2013 sd 2019. 17. Tim LSP Informatika, 2017 sd 2019 18. Satu Indonesia, Div Pengabdian Masyarakat Thn 2017 sd sekarang (Organisasi Kebangsaan) 19. Ketua Permatani Jabar 2018 sd sekarang (Tidak aktip) 20. SEKJEN I Permatani Indonesia 2018 sd sekarang (Tidak aktip) 21. Bendahara PASTAPA NUSANTARA 2018 sd sekarang 22. LBH Topan RI : Pembina, 2019 sd sekarang 23. Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia : Pembina, 2019 sd sekarang 24. LBH Birawa : Pembina, 2019 sd sekarang 25. Jaringan Kemandirian (JAMAN) : Pembina, 2019 sd sekarang 26. Perkumpulan Anti Diskriminasi Indonesia (PADI) : Pembina, Januari 2020 sd sekarang 27. Pembina Ikatan Guru Honorer Kab Cirebon, 2019 sd sekarang 28. CALEG DPR RI dari PSI, Daerah Pemilihan Wilayah VIII JABAR Kabupaten, Kota Cirebon dan Indramayu 29. Tim Akademisi BUMDES, 30. Tim Akademisi Pariwisata RI, November 2019 sd sekarang 31. APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), 2020 sd sekarang, Anggota 32. KFDI (Fashion Desainer Indonesia) 33. Ketua Angkatan SMA, S1, S2 dan S3 XII B IKA DIM FEB UNPAD Status 2020 34. FTII (Federasi Teknologi Informatika Indonesia), anggota mewakili APTIKOM 35. Pengurus Lembaga Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Dan MOC APTIKOM melalui SK KEP. 021 /DESK/APTIKOM/III/2020, sebagai Wakil Direktur II Bidang Administrasi Dan Keuangan, 36. KOMISI PENJAMINAN MUTU MATERI PEMBELAJARAN PJJ DAN MOOC APTIKOM melalui SK KEP. 022/DESK/APTIKOM/III/2020 sebagai Anggota, Maret 2020 sd sekarang 37. Tim LAM INFOKOM, 2019 sd Sekarang 38. Kongres Sunda, SEKJEN Juni 2020 sd sekarang 39. Pembina Bisnis Guru Indonesi (BGI), 2020 sd sekarang 40. Bendahara Saung Djati Sampurna, April 2021 41. Dewan Pakar Pengurus Besar Padepokan Puser Bumi Nusantara (PB PPBN), April 2021 42. Sekretaris Kongres Sunda 2020 sd sekarang 43. Pembina Milenial Cinta Budaya Chapter Bandung, 2021 44. Pembina Perhimpunan Mahasiswa Informatika Dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS) 45. Direktur Eksekutip Gerakan Sunda Pilihan (GERPIS), Februari 2021 sd sekarang 46. Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan KADIN INDONESIA (KADIN Eddy Ganefo), Maret 2021 sd sekarang 47. Koordinator Bidang IT Pengurus Daerah (PD) PERWARI Jawa Barat, April 2021 48. Pengurus APTISI, Divisi Bidang PJJ dan Digitalisasi Kampus, 29 Maret 2021 VI.INTERNATIONAL SEMINAR 1. Open Courseware Consortium Global Conference, MIT Boston USA Mei 2011 2. Open Courseware Consortium Global Conference, Cambridge UK April 2012 3. The Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies, “Managing Innovation : Sustaining Competitive Advantage in Dynamics Business Environment” Bandung, October 2012, 4. The Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies, “Sustainable Business Practices in Asian Context” Bangkok, October 2014, Speaker 5. The International Workshop on Industrial IT Convergence WIITC, Korea September 2014, Speaker 6. International Conference Of Quality, Innovation and Knowledge Management (QIK) 2014 Bandung, Februari 2014 7. The Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies, “Pursuing Pentahelix Industry Collaboration : An ASEAN Regional Integration Challenge, Bali, October 2015, Speaker 8. International Networking on ICT Education in Emerging Countries, held by Eurasian Academy of Law named after D.A. Kunayev 9. International Conference and Exhibition on ICT Education in Emerging Countries, held by Branch of Russian Economic University after G.V. Plekanov in Taskent, Uzbekistan Mei 2016, speaker International Workshop And Networking on International Collaboration in ICT Education, Almaty Kazakhstan Mei 2016 speaker 10. The Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies, “Digital Transformation of Societies in a Volatile environment”: University of Caen School of Management, Caen. Francis, October 2016, Speaker. 11. The 4th Sebelas Maret International Conference on Business, Economics and Social Sciences (SMICBESS) And The 1st Sebelas Maret International Conference on Social Sciences (SMICSOS) 9-10 August 20017, Speaker (The Influence Of Marketing Mix And Customer Relationship Marketing On Marketing, Performance Of Digital Creative Industry In West Java) 12. Joint International Conference on ICT Innovation and Management 2018 (JICIIM 2018, Tokyo Japan, April 2018. Speaker. (The Effect Of Customer Value And Brand Image On The Trust Of Indonesian Seluler Customer Dan lain-lain 13. Joint International Conference on “Toward ICT and Management In the Future” 2019, at Acharya Institutes, Chenai India, 13 February 2020. Attandence. 14. IT Implementation Of Customer Relationship Manajgement, , Publish 2020 : https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9288549 VII. INTERNATIONAL PUBLICATIONS 1. Nina Kurnia Hikmawati, Sucherly, Surachman Sumawihardja, (2015), Influence Of Marketing Relations and Marketing Mix On Customer Trust On Mobile Service Operators In Indonesia, International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom, Vol III Issue 11, November 2015 p. 409 – 422 2. Nina Kurnia Hikmawati, (2016) The Influence Of Relationship Marketing And Marketing Mix On Customer Trust Of Mobile Telecommunication Service Operator Company In Indonesia, 3. Nina Kurnia Hikmawati, (2020) IT Implementation Of Customer Relationship Manajement.

Selamat Sukses terus ya Dr Nina perajalanannya sangat luar biasa.!!!

| AM/MARKOMINDONESIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here